Bagi siswa yang telah duduk di bangku kelas XI SMA, pasti telah mempelajari tentang teori atom. Sebagai mana yang kita ketahui bahwa teori atom itu ada 5, yaitu:
1.     Teori Atom Dalton
2.    Teori Atom Thomson
3.    Teori Atom Rutherford
4.    Teori Atom Bohr
5.    Teori Atom Mekanika Kuantum

Dalam pelajaran kimia kelas XI SMA membahas tentang teori atom Bohr dan teori atom Mekanika Kuantum. Teori atom Mekanika Kuantum lahir setelah didapatkan kelemahan dari teori atom Bohr. Dalam postingan kali ini saya akan membahas tentang perbedaan dan persamaan dari model atom Bohr dan model atom mekanika kuantum.
Berikut ini merupakan perbedaan dari model atom Bohr dan model atom mekanika kuantum :
1.     Menurut model atom Bohr elektron mengelilingi inti atom pada lintasan dengan tingkat energi tertentu sedangkan menurut teori atom mekanika kuantum elektron mengitari inti atom pada orbital tertentu yang membentuk kulit atom.
2.    Menurut teori atom Bohr elektron bergerak dalam lintasannya membentuk lingkaran seperti pergerakan planet mengelilingi matahari, sedangkan menurut teori mekanika kuantum elekron bergerak dalam orbital dengan melakukan gerak gelombang.
3.    Menurut teori atom Bohr posisi sebuah elektron yang bergerak mengelilingi atom dapat ditentukan, sedangkan menurut teori atom mekanika kuantum posisi sebuah elektron yang bergerak menelilingi inti atom tidak dapat ditentukan dengan pasti.
4.    Teori atom Bohr tidak dapat menjelaskan pengaruh medan magnet dalam atom hidrogen, seperti mengapa spektrum hidrogen memiliki garis-garis tambahan ketika dipengaruhi oleh medan magnet, sedangkan teori mekanika kuantum telah mampu menjelaskan mengenai sifat atom dan molekul yang berekltron lebih dari satu, dan ternyata jika dilihat dengan lebih teliti, spektrum gas hidrogen tidak terdiri dari satu garis, melainkan beberapa garis yang saling berdekatan. Dengan demikian lintasan tersebut memiliki sublintasan dimana elektron ditemukan.

Selain memiliki perbedaan, kedua teori ini juga memiliki persamaan yaitu, sama-sama menjelaskan bahwa elektron dalam pergerakannya tidak akan menyerap ataupun melepaskan energi.

Mungkin saya bukan ahli kimia yang dapat memberikan segala informasi tentang ilmu kimia tapi dalam postingan ini menggambarkan bahwa kita sama-sama ingin belajardan menambah wawasan.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 blog.... / Template by : Urangkurai